Beberapa hari yang lalu Google telah memperkenalkan pesan instan baru yang bernama Allo. Google menyadari jika bersaing di aplikasi chatting bukanlah hal yang mudah karena banyaknya kompetitornya. Sebagai contoh, WhatsApp, Line, Telegram, KakaoTalk dan masih banyak lagi.

Beberapa aplikasi chatting ini pun memiliki pemakai yang cukup banyak. Walaupun begitu, pihak Google di dalam laman resminya tetap optimis dengan aplikasi yang dirilisnya. Tentu saja Google dapat percaya diri karena memperkirakan jika aplikasi chattingnya mempunyai berbagai kelebihan jika dibandingkan aplikasi chatting yang lain.

Dengan berbagai fitur yang dipunyai oleh aplikasi chatting Allo yang ada saat ini menjadikan pihak google sangat percaya dapat mengalahkan aplikasi chatting nomer satu saat ini yakni WhatsApp.

Baca juga Aplikasi Chatting dari Google Saingan Whatsapp Ini Resmi Hadir di Indonesia

Perbedaan Allo dengan aplikasi chatting yang ada saat ini ialah adanya berbagai fitur baru di dalam aplikasi chatting,

  1. Allo sudah didukung secara penuh dengan adanya jaringan dan search engine yang dimiliki oleh google.
  2. Aloo merupakan fitur Integrasi Google Assistant yakni fitur yang bisa mempermudah pemakainya dalam memakai aplikasi Allo ini.

Dengan fitur ini para pemakainya akan secara otomatis dibantu untuk dapat menemukan informasi dari google yang berhubungan dengan apa yang diobrolkan.

Pemakai dapat melakukan chatting dengan Google serta melakukan percakapan yang dibalas oleh Google secara otomatis,  fitur ini bernama Chatting Bot.

Google juga telah mengakui jika Fitur Chat bot ini sangatlah pintar bahkan lebih pintar dengan aplikasi chat bot yang telah ada saat ini.

Walaupun tampak hebat, Google Allo masih dapat dikomparasi dengan WhatsApp yang dilihat dari fitur-fitur yang dimiliki keduanya,

Mengapus Pesan

Bagi yang mempunyai masalah privasi, di dalam aplikasi chatting Aloo pun dihadirkan dengan fitur mode Incognito yang memiliki fungsi untuk dapat menghapus secara otomatis percakapan. Pemakai aplikasi Allo dapat mematikan aplikasinya serta percakapan yang sudah dihapus tadi tak ada di file simpanannya lagi.

Baca juga WhatsApp, Line, dan OTT Lainnya Menjamur, Pemasukan Operator Kian Menipis

Sedangkan untuk WhatsApp belum dilengkapi dengan fitur untuk dapat menghapus secara otomatis, semua percakapan masih harus dihapus dengan cara manual oleh pemakainya.

Teknologi yang dipakai

Adanya teknologi enkripsi Open Whisper system telah menjadi pembeda Google Allo dari layanan percakapan yang sama di WhatsApp. Google pun dapat menyebutkan jika pesan yang dikirimkan melalui Allo tak akan dienkripsi secara default serta pemakai bisa berganti dari saluran pribadi ke saluran yang tak terlindung dengan mudah.

Sedangkan WhatsApp tak mengizinkan pemakai untuk melakukan downgrade di saluran yang tak terlindung setelah terhubung ke dalam jaringan yang aman.

Desain

Meskipun mempunyai perbedaan, baik Google Allo dan WhatsApp mempunyai banyak kesamaan, telebih jika dilihat dari bentuk desain mereka. Baik Allo dan WhatsApp dapat digunakan untuk membagikan gambar, pesan video, serta stiker.

Baca juga Ternyata WhatsApp Lebih Terkenal Dibanding Line dan BBM

Jika membahas stiker, Allo memiliki lebih banyak dibandingkan WhatsApp karena ia hadir dengan banyak stiker sebagai pilihan. Sedangkan WhatsApp mempunyai stiker yang biasanya dipakai pada pesan messaging lainnya.

Sama seperti WhatsApp, Google pun membutuhkan nomor telepon untuk bisa mengaktifkan pesan serta langsung dapat terhubung tanpa adanya konfirmasi. Selain itu, Aplikasi Allo pun tersedia untuk perangkat Android dan iOS.